Jumat, 20 April 2018

Business Process (Proses Bisnis)

Proses Bisnis adalah satu kesatuan dari berbagai proses yang terjadi dalam sebuah bisnis, yaitu :

  1. Sales Order (Pemesanan) kegiatan bisnis dimulai ketika pelanggan melakukan pemesanan melalui bagian penjualan. Pada tahap ini bagian penjualan akan mengeluarkan dokumen pemesanan yang berisi informasi mengenai : nama pelanggan, alamat, tanggal pemesanan, nama barang dan kuantitasnya, harga per unit, harga total, dan keterangan lain. Dokumen ini diotorisasi oleh kepala bagian penjualan dan untuk menambah keamanan dokumen diberikan nomor urut. Dokumen pemesanan ini diperbanyak sebanyak bagian yang terlibat pada pembuatan produk. Bagian akuntansi akan mencatat transaksi ini. Baik menggunakan pembayaran kredit maupun tunai konsumen akan membayar pembelian kepada bagian penerimaan kas.
  2. Purchase Order (Pembelian) salinan dokumen pemesanan yang pertama akan diberikan kepada bagian produksi. Namun, apabila bahan baku yang dibutuhkan tidak tersedia maka bagian produksi akan menghubungi bagian pembelian untuk melakukan pembelian bahan baku dengan membuat dokumen pembelian. Bagian keuangan akan memberikan dana yang dibutuhkan untuk membeli bahan baku berdasarkan dokumen pembelian yang sudah diotorisasi, bukti pembelian akan diberikan kepada bagian akuntansi untuk dicatat. Bagian pembelian harus memastikan apakah bahan baku yang diterima sudah sesuai jumlah dan kualitasnya.
  3. Work Order (Produksi) setelah bahan baku diterima bagian produksi maka kegiatan produksi dapat dilakukan. Bagian produksi akan membuat produk sesuai dengan SOP yang berlaku. Di tahap inilah dilakukan quality control (QC).
  4. Delivery Order (Pengiriman) barang yang sudah selesai dibuat akan diberikan kepada bagian pengiriman untuk dikemas terlebih dahulu dan diserahkan kepada konsumen. Dokumen pengiriman yang mendapatkan tanda tangan konsumen akan menjadi bukti kalau produk sudah sampai di tangan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar