Proses Bisnis adalah satu kesatuan dari berbagai
proses yang terjadi dalam sebuah bisnis, yaitu :
- Sales Order (Pemesanan) kegiatan bisnis
dimulai ketika pelanggan melakukan pemesanan melalui bagian penjualan.
Pada tahap ini bagian penjualan akan mengeluarkan dokumen pemesanan yang
berisi informasi mengenai : nama pelanggan, alamat, tanggal pemesanan, nama
barang dan kuantitasnya, harga per unit, harga total, dan keterangan lain.
Dokumen ini diotorisasi oleh kepala bagian penjualan dan untuk menambah
keamanan dokumen diberikan nomor urut. Dokumen pemesanan ini diperbanyak
sebanyak bagian yang
terlibat pada pembuatan produk. Bagian akuntansi akan
mencatat transaksi ini. Baik menggunakan pembayaran kredit maupun tunai konsumen
akan membayar pembelian kepada bagian penerimaan kas.
- Purchase Order (Pembelian) salinan
dokumen pemesanan yang pertama akan diberikan kepada bagian produksi.
Namun, apabila bahan baku yang dibutuhkan tidak tersedia maka bagian
produksi akan menghubungi bagian pembelian untuk melakukan pembelian bahan
baku dengan membuat dokumen pembelian. Bagian keuangan akan memberikan
dana yang dibutuhkan untuk membeli bahan baku berdasarkan dokumen
pembelian yang sudah diotorisasi, bukti pembelian akan diberikan kepada
bagian akuntansi untuk dicatat. Bagian pembelian harus memastikan apakah
bahan baku yang diterima sudah sesuai jumlah dan kualitasnya.
- Work Order (Produksi) setelah
bahan baku diterima bagian produksi maka kegiatan produksi dapat
dilakukan. Bagian produksi akan membuat produk sesuai dengan SOP yang
berlaku. Di tahap inilah dilakukan quality
control (QC).
- Delivery Order (Pengiriman) barang
yang sudah selesai dibuat akan diberikan kepada bagian pengiriman untuk
dikemas terlebih dahulu dan diserahkan kepada konsumen. Dokumen pengiriman
yang mendapatkan tanda tangan konsumen akan menjadi bukti kalau produk
sudah sampai di tangan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar