Kamis, 19 April 2018

SWOT ANALYSIS (Competitive Force)


SWOT Analysis (Strength, Weakness, Oppurtunity, and Threat) terbagi menjadi dua bagian yaitu Competitive Force dan Value Chain Analysis. Berikut penjelasannya :


Competitive Force
Pada lingkungan perusahaan terdapat elemen-elemen yang dapat menjadi ancaman (threat) maupun peluang (opportunity), dari gambar berikut dapat diketahui hubungan antara elemen-elemen tersebut dengan perusahaan :
a)      Ancaman (Threat/T)
Berikut elemen-elemen yang mengancam perusahaan :
1)   Pendatang Baru (New Entrant) menjadi ancaman karena mereka adalah perusahaan baru dengan skala kecil yang mempunyai banyak ide dan dapat mengembangkan idenya lebih jauh. Ide-ide yang dimiliki adalah sesuatu yang tidak dimiliki perusahaan maka ini dapat mengancam eksistensi perusahaan. Pendatang baru juga tidak merasa takut untuk mengembangkan idenya karena perusahaan mereka yang kecil dan dirasa tidak akan kehilangan banyak jika merugi.
2)  Kompetitor (Industry Rivalry) adalah salah satu dari bentuk ancaman bagi perusahaan karena dapat bersaing dalam segi kuantitas dan kualitas. Kesalahan sedikit saja akan menyebabkan pelanggan setia berpindah hati kepada kompetitor.
3)   Pelanggan (Customer) tidak sedikit yang menganggap bahwa pelanggan adalah saingan, pasalnya jika perusahaan mengecewakan pelanggan maka dampaknya akan meluas ke pelanggan yang lain. Hal tersebut akan menimbulkan berbagai hal seperti menurunnya laba perusahaan, mencemari nama perusahaan, dan hal-hal lain yang merugikan perusahaan.
4)   Barang Pengganti (Substitute) memang bukan produk yang dicari oleh pelanggan tetapi jika perusahaan memproduksi produk yang tidak sesuai permintaan masyarakat atau tidak dapat memenuhi permintaan maka pelanggan akan beralih pada barang pengganti.
5)   Pemerintah (Supplier) dalam hal ini adalah badan yang mengeluarkan regulasi dan dampak yang diberikan juga berakibat fatal bagi perusahaan. Misalkan ada perundang-undangan yang melarang untuk menggunakan kantong plastik dan berpindah menggunakan kantong plastik yang terbuat dari singkong karena gmapang terurai.

b)      Peluang (Opportunity/O)
Di bawah ini adalah elemen-elemen yang dapat menjadi peluang bagi perusahaan :
1)   Pelanggan dapat menjadi peluang bagi perusahaan dikarenakan adanya segmentasi pasar yang terbagi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan daya ekonomi.
2)  Pemerintah juga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dengan mengeluarkan peraturan untuk lebih mencintai produk-produk dalam negeri.
3)   Selain memberikan ancaman, pendatang baru dapat menjadi peluang jika perusahaan dapat melihatnya dari sisi yang lain. Daripada bersaing dengan pendatang baru, lebih baik perusahaan melakukan akuisisi terhadap perusahaan baru. Maka kompetitor akan berkurang dan perusahaan dapat berkembang.
4)   Tidak aneh jika berpikir bahwa kompetitor adalah ancaman namun di balik itu perusahaan dapat bekerja sama dengan kompetitor untuk membuat produk yang serupa tapi tak sama dengan bahan baku yang lebih murah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar