Kamis, 26 April 2018

Analytics through Business Intelligence


Perubahan data menjadi informasi dan perubahan informasi menjadi pengetahuan hanya memiliki satu tujuan yaitu untuk  membuat keputusan terbaik agar dapat menindaklanjuti masalah yang ada di lapangan. Di bawah ini adalah grafik hubungan antara tingkat kesulitan dan nilai dari sebuah data, informasi, dan pengetahuan.




Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kesulitan maka akan semakin sulit mendapatkan informasinya. Semakin sulit mendapatkan informasi maka semakin tinggi nilainya.


Berikut penjelasannya :

1.     Reporting, merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang sudah terjadi.
2.     Analysis adalah usaha untuk mengamati secara detail dengan menguraikan komponen-komponen pembentuk atau penyusun untuk dikaji lebih lanjut.
3.   Monitoring yaitu kegiatan untuk memberikan informasi tentang sebab akibat dari suatu kebijakan yang sedang dilaksanakan dimana peristiwanya sedang terjadi.
4.  Forecasting ialah suatu teknik analisa perhitungan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memperkirakan peristiwa dimasa depan menggunakan referensi data-data dimasa lalu.
5.   Predictive, suau pengamatan secara sistematik yang disertai dengan analisis teknis-ekonomis untuk memperkirakan suatu perilaku.
6.  Prescriptive yakni mensimulasikan suatu model untuk menghasilkan rekomendasi aksi yang diperkirakan akan memaksimalkan pencapaian tujuan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar